4 Cara Menggunakan Pembalut yang Tepat

  • Whatsapp
4-Cara-Menggunakan-Pembalut-yang-Tepat
Foto dari Canva Pro

Anda yang baru pertama kali mengalami menstruasi, mungkin masih banyak pertanyaan mengenai hal tersebut. Contohnya, bagaimana cara penggunaan pembalut yang disarankan ahli kesehatan, maupun pembalut seperti apa yang dikatakan bagus. Selain memilih pembalut Charm sebagai pembalut berkualitas tinggi dan banyak dipilih perempuan di Indonesia, pada pemakaiannya pun harus tepat untuk menghindari berbagai risiko, seperti gangguan kesehatan.

Penggunaan Pembalut Charm yang Disarankan

Bukan sekadar digunakan untuk menahan darah menstruasi, pembalut juga berguna untuk menghindari timbulnya jamur dan bakteri pada area vagina akibat kondisi yang lembab. Apakah Anda rutin mengganti pembalut? Pembalut seperti apa yang Anda gunakan? Nah, berikut caranya.

1. Bersihkan Vagina

Sebelum menggunakannya, Anda harus lebih dulu bersihkan area vagina dan mengeringkannya. Bersihkan dengan air bersih, tidak perlu menggunakan sabun karena tingkat keasamannya tidak sesuai dan bisa menimbulkan iritasi, maupun membuat vagina jadi memiliki tingkat keasaman yang tidak normal.

Anda bisa gunakan sabun khusus kewanitaan bila memang merasa sangat perlu. Kemudian keringkan menggunakan handuk atau tissue yang berbahan lembut. Usapkan dengan pelan-pelan.

2. Pilih Pembalut yang Tipe Ukuran dan Jenis yang Sesuai

Tipe produk pembalut di pasaran sangat beragam. Anda bisa pilih berdasarkan kebutuhan. Misalnya menyesuaikan seberapa sering Anda harus ganti pembalut, ukuran seperti apa yang membuat Anda merasa lebih nyaman, hingga memilih yang bagi Anda tidak akan membuat bocor saat digunakan untuk beraktivitas.

Jenis dari pembalut pun sangat banyak, ada yang didesain tipis, ada yang menggunakan wings atau sayap, serta ada pula yang bahan utamanya berupa kapas atau silica gel. Semua bisa dipilih tergantung kenyamanan Anda. Termasuk ketika mencuci atau membersihkannya.

3. Rutin Mengganti Pembalut

Tidak sedikit perempuan yang malas mengganti pembalut lebih sering dengan berbagai alasan. Mulai dari malas harus mencuci berkali-kali, merasa boros bila harus sering ganti, tidak memiliki banyak waktu, dan alasan lainnya.

Faktanya, malas atau jarang mengganti pembalut akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan akibat kondisi vaginan yang lembab dan kotor dalam waktu lama. Gantilah pembalut minimal 3-4x dalam sehari, atau sesuai dengan keperluan Anda. Saat merasa sudah tidak nyaman, penuh, dan basah, segera ganti

4. Ganti Pembalut Segera Jika Alami Bocor

Banyak pula perempuan yang memilih cuek dan mengabaikan saat mengalami bocor meski baru saja mengganti atau menggunakan pembalut. Kebiasaan ini malah membuat Anda semakin repot seperti noda menstruasi yang akan lebih sulit dibersihkan dari pakaian, hingga kotornya area vagina yang bisa memicu munculnya bakteri dan jamur. Secepatnya mengganti dan mencuci pakaian saat alami bocor sangat disarankan.

Produk Pembalut Berkualitas untuk Penggunaan Lebih Nyaman

Banyaknya produk pembalut di pasaran sering membuat para perempuan bingung untuk memilihnya. Tidak hanya memerhatikan tipe, ukuran, dan jenis, Anda juga harus pastikan pembalut yang dipakai merupakan pembalut berkualitas baik, memiliki logo SNI, serta terbuat dari bahan-bahan yang aman. Penggunaan produk yang berkualitas buruk malah akan meningkatkan berbagai risiko terhadap kesehatan miss v.

Seperti gesekan akibat bahan yang tidak lembut, mengalami bocor terlalu sering, hingga sulit untuk dibersihkan. Pastinya sebagai perempuan aktif dengan banyak kegiatan, pembalut berkualitas yang saat digunakan terasa nyaman sepanjang hari akan sangat membantu. Selain itu, pembalut Charm dengan daya serap tinggi akan menghindarkan Anda dari kebocoran, baik saat aktif berkegiatan di pagi dan siang hari, maupun saat beristirahat tidur di malam hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *