4 Macam Penyebab Klaim Barang yang Biasanya Ditolak Jasa Ekspedisi

  • Whatsapp
4-Macam-Penyebab-Klaim-Barang-yang-Biasanya-Ditolak-Jasa-Ekspedisi
Foto dari Canva Pro

Jasa ekspedisi saat ini berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik. Apalagi untuk jenis jasa ekspedisi yang melayani pengiriman ke luar negeri. Anda bisa kirim barang ke Jepang maupun negara tujuan lainnya dengan nyaman dan aman. Hanya saja kerusakan maupun kendala dalam proses pengiriman barang tetap saja masih bisa terjadi karena berbagai sebab.

Klaim yang Ditolak

Sebenarnya jika ada kejadian atau kendala yang merugikan pelanggan, jasa ekspedisi akan bersedia melayani komplain. Namun, ada beberapa faktor yang membuat klaim tersebut akhirnya ditolak dan tidak bisa diproses. Berikut ini adalah 4 jenis penyebab yang membuat klaim kendala pengiriman barang ditolak oleh jasa ekspedisi:

1. Kesalahan Packing Barang

Penyebab paling sering munculnya komplain pelanggan adalah barang yang dikirim rusak di tengah jalan. Namun, jasa ekspedisi tidak akan bertanggung jawab dan melayani komplain apabila kerusakan tersebut disebabkan oleh kesalahan packing. Tentunya packing ini menjadi tanggung jawab dari pengirim paket meskipun pihak jasa ekspedisi juga memiliki peran dalam hal tersebut.

Sebagai pengirim paket, Anda yang tahu pasti sifat barang apakah rentan rusak atau tidak. Tentunya Anda juga bisa memberikan packing yang tepat supaya barang tersebut bisa sampai dengan aman tanpa kurang suatu apapun. Jika ternyata kerusakan disebabkan oleh kesalahan packing oleh Anda sendiri maka jasa ekspedisi jelas tidak akan bertanggung jawab.

2. Menyalahi Aturan Pengiriman

Setiap jasa ekspedisi pasti punya aturan pengiriman yang berbeda-beda. Jenis barang yang bisa dikirimkan pun juga harus sesuai dengan aturan jasa ekspedisi tersebut. Apabila kendala pengiriman terjadi akibat pengirim menyalahi aturan maka jasa ekspedisi juga tidak akan bertanggung jawab. Misalnya, Anda kirim barang ke Jepang yang ternyata jenis barang tersebut menyalahi aturan sehingga ditolak.

3. Kesalahan Penulisan Alamat

Faktor penyebab lainnya yang membuat komplain kendala pengiriman paket ditolak adalah karena kesalahan penulisan alamat. Tentunya ini menjadi tanggung jawab dari pihak pengirim. Jika pengirim salah menuliskan alamat sehingga menyebabkan paket tidak sampai dengan selamat maka hal tersebut tidak akan menjadi tanggung jawab jasa ekspedisi.

4. Bukan Lingkup Layanan Jasa Ekspedisi

Komplain juga tidak bisa diproses apabila tidak sesuai dengan lingkup layanan yang diberikan. Setiap jasa ekspedisi biasanya memiliki aturan tertentu yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan komplain. Jika komplain dilakukan di luar layanan tersebut maka tidak akan bisa ditanggung oleh jasa ekspedisi.

Itulah tadi 4 penyebab kendala pengiriman barang yang tidak bisa diajukan komplain. Penting sekali bagi Anda untuk memahami dengan baik aturan pengiriman barang agar menurunkan risiko munculnya kendala yang tidak perlu terjadi. Pastikan Anda kirim barang ke Jepang maupun negara lainnya bersama jasa ekspedisi terpercaya yang bisa memberi pelayanan terbaik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *