5 Cara Menabung untuk Beli Mobil Baru

5-Cara-Menabung-untuk-Beli-Mobil-Baru
Foto dari Canva

Mobil akan menjadi semakin mahal setiap tahunnya. Meski harga terus melambung, tetapi masih ada banyak kesempatan untuk bisa menghemat uang dan kredit mobil yang diinginkan. Dengan menentukan anggaran dan melakukan riset, Anda bisa beli merek mobil apapun yang diinginkan..

Kepemilikan mobil biasanya dimulai dengan investasi awal yang besar, itulah sebabnya mengapa menabung itu penting. Harga rata-rata kendaraan baru di Indonesia adalah sekitar Rp 500 jutaan dan bisa merupakan pembelian besar. Jadi, pastikan Anda mengatur keuangan sebaik mungkin.

Tips Menabung untuk Beli Mobil Baru

1. Atur Ulang Anggaran Anda

Penganggaran dapat membantu Anda menghemat uang muka mobil dan memperhitungkan pembayaran kredit bulanan serta biaya kepemilikan mobil lainnya. Jika Anda merasa tidak dapat menyisihkan uang untuk membeli mobil, tinjaulah anggaran bulanan dengan cermat untuk melihat solusi terbaiknya.

Anda bisa melihat berapa banyak pendapatan yang dihasilkan dan melacak pengeluaran bulanan. Jika Anda memiliki sisa uang antara pendapatan dan pengeluaran, putuskan berapa banyak yang akan ditabung.

Strategi penganggaran yang populer adalah memasukkan 20% dari gaji ke dalam tabungan dan menggunakan 80% lainnya untuk pengeluaran yang Anda perlukan. Jika Anda tidak dapat melakukan sebanyak ini, mulailah dengan apa yang dapat Anda lakukan, dan kemudian tingkatkan seiring waktu.

Selain itu, melacak semua pengeluaran selama satu atau dua bulan dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, seperti banyak makan di luar atau liburan. Cara ini akan membuka lebih banyak peluang dalam menghemat uang dalam anggaran Anda.

2. Pikirkan Tentang Biaya Tambahan

Biaya kepemilikan mobil tidak berhenti ketika Anda telah membeli mobil atau telah melunasi kendaraan. Biaya  tahunan rata-rata kepemilikan mobil baru adalah Rp 500 jutaan dan belum termasuk biaya terkait.

Adapun biaya terkait adalah asuransi mobil, pajak, pemeliharaan, perbaikan, bahan bakar, dan banyak lagi.

Saat menabung untuk mobil, ingatlah untuk mempertimbangkan semua biaya kepemilikan mobil selain harga pada kendaraan. Melakukan hal itu dapat membantu Anda menghindari tagihan keuangan yang tidak menyenangkan.

Setelah Anda tahu berapa banyak yang harus Anda hemat untuk sebuah mobil, saatnya untuk mulai menabung.

3. Jangan Terjebak Dengan Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Jika Anda membeli mobil baru dari dealer, kemungkinan besar mereka akan memberi Anda banyak fitur tambahan untuk dipertimbangkan. Menambahkan fitur hanya akan menaikkan biaya sehingga Anda harus mengeluarkan banyak uang lagi.

Fitur tambahan yang biasanya ditawarkan adalah perlindungan roda dan ban, perlindungan kunci, dan jendela. Kalau memang fitur tambahan tersebut tidak begitu dibutuhkan, maka jangan ambil tawaran tersebut karena hanya akan membuat dana Anda membengkak.

4. Hitung DP dan Cicilan

20% dari harga pembelian adalah aturan praktis yang umumnya ditetapkan untuk uang muka mobil. Misalnya, jika sebuah mobil berharga Rp200 juta, uang mukanya 20%, maka  akan menjadi Rp 40 juta.

Namun, ini bukan aturan yang tetap karena ada yang membayar lebih atau kurang untuk uang muka 20%. Hal penting untuk diketahui adalah, semakin rendah uang muka Anda, semakin tinggi kemungkinan pembayaran bulanan Anda.

Anda juga mungkin harus membayar tingkat bunga yang lebih tinggi jika memutuskan untuk tidak memberi uang muka atau DP.

5. Beli Mobil di Situs Milik Astra Financial

Ingin lebih menghemat anggaran? Cobalah beli melalui SEVA, situs yang dimiliki oleh Astra Financial.  Salah satu fiturnya yang sangat memudahkan pembeli adalah Instant Approval. Di sini, Anda bisa rencanakan skema  pembiayaan mobil dengan disesuaikan pada anggaran yang ada.

Anda bisa pilih skema pembayaran mana yang dirasa paling tepat. Anda juga bisa melakukan transaksi pembayaran di platform itu juga.

Baik Anda membeli mobil baru untuk pertama kalinya atau sudah ke sekian kali, Anda mungkin perlu menabung untuk mendanai pengeluaran tersebut. Adapun cara menabung untuk mobil baru di atas bisa diaplikasikan supaya tidak salah beli.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.